Pemotongan Sapi Betina Produktif

  • 0
Sapi Betina Produktif

Hal paling pokok sebagai upaya melakukan percepatan program Swasembada Daging adalah dengan melakukan peningkatan populasi sapi-sapi lokal di Indonesia. Pada tahun 2010, menurut hasil kajian BAPPENAS (2011), produksi sapi lokal Indonesia baru dapat memenuhi sekitar 66,28% dari total kebutuhan konsumsi. 
_______
Upaya tersebut sedikit banyak terkendala akan adanya pemotongan sapi betina produktif di lapangan. Dalam dokumen Blue Print PPSDSK 2014 dinyatakan bahwa penyembelihan Sapi Betina Produktif (SBP) di Indonesia telah mencapai tingkat yang membahayakan bagi keberlangsungan pengembangan populasi sapi nasional, yaitu sekitar 150-200 ribu ekor/tahun yang terjadi terutama di NTT, NTB, Bali, dan Jawa. Angka tersebut dapat mencapai sekitar 11,8 % dari jumlah sapi yang disembelih secara nasional.
______
Populasi sapi/kerbau nasional bahkan sempat mengalami adanya penurunan angka populasi. Hasil laporan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa per-September 2013, populasi sapi dan kerbau di Indonesia sebesar 14,2 juta ekor. Angka tersebut turun sebanyak 2,5 juta ekor, setelah di dua tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 2011, melalui Pendataan Sapi Potong, Sapi Perah, dan Kerbau (PSPK) angka populasi kita sempat mencapai 16,7 juta ekor. 
#Peternakan #Sapi #Betina #Produktif #Populasi
Posting Komentar

AddThis Smart Layers

Back to Top