UU No. 41 tahun 2014

  • 0
Ini merupakan gambar sapi-sapi Brahman Cross (Sapi BX). Sapi ini merupakan salah satu jenis sapi yang di impor Indonesia dari luar negeri. Sapi BX merupakan sapi hasil persilangan dari sapi American Brahman, Hereford dan Shorthorn.
____
Selama ini sebagian besar sapi yang masuk atau di impor ke Indonesia merupakan sapi-sapi asal Australia, hal ini secara tidak langsung diatur dalam UU No. 18 tahun 2009. Dalam UU tersebut diatur bahwa Indonesia menganut prinsip country base, yang konsekuensinya adalah Indonesia hanya boleh memasukkan sapi-sapi dari negara yang sudah dinyatakan bebas penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), Australia adalah negara yang memiliki kemampuan ekspor, sekaligus punya status bebas PMK.
____
Tapi kini, importasi dengan menganut prinsip zone base dimungkinkan dilakukan setelah UU No. 18 Tahun 2009 tentang  Peternakan dan Kesehatan Hewan direvisi dengan UU No. 41 tahun 2014. Revisi ini menjadikan syarat ekspor induk sapi cukup berasal dari zona bebas penyakit hewan menular, tak harus seluruh wilayah dari negara asal itu bebas penyakit tersebut (country base). Oleh karenanya kedepan sapi-sapi dari India dan Brazil juga dimungkinkan untuk masuk. Tapi permasalahan mendasar setelah ini adalah kita akan dihadapkan pada masalah keamanan pangan. Karena kedua negara tersebut belum dinyatakan bebas PMK.
#Peternakan #Indonesia #Australia #Sapi #Impor
Posting Komentar

AddThis Smart Layers

Back to Top