Pengabdian di Keerom, Papua.

  • 0
Ini kali pertama saya ke tanah Papua dalam hidup saya. Tuhan telah membawa dan membingkai perjalanan saya ke Kabupaten Keerom ini dengan sangatlah manis.

Kabupaten Keerom merupakan daerah hasil pemerkaran dari Kabupaten Jayapura. Secara geografis berbatasan langsung dan berada memanjang di daerah perbatasan Republik Indonesia dengan Negara Papua New Guinea (PNG).

Agenda Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang membawa saya untuk singgah selama 49 hari disana. Tidak cukup lama. Tapi saya pikir pengayaan batin yang saya dapat sepanjang saya disana sangatlah luar biasa.

Akulturasi antara orang lokal dengan para transmigran yang mulai hadir tahun '80an dari berbagai daerah di Indonesia membawa saya untuk bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat yang cukup plural dan majemuk. Bingkai kebhinekaan baru kemudian saya dapat rasakan dengan sungguh ditempat ini.

Menjadi momen yang lebih luar biasa ketika ini menjadi kesempatan bagi saya dan teman-teman untuk terjun, berinteraksi, dan mengaplikasikan apa-apa yang kami tahu dan pelajari ke masyarakat dalam kapasitas kami sebagai mahasiswa. Terlebih untuk saya dengan latar belakang sektor peternakan. Dari sedikit yang telah kami berikan, kami berharap akan ada dampak manfaatnya.

Kedepan, dengan potensi luas lahan umbaran yang didominasi kepemilikan 0,5-2 ha untuk masing-masing individu peternak, ketersediaan pakan hijauan yang tinggi, dukungan ketersediaan pakan alternatif baik dari limbah hasil perkebunan kakao dan kelapa sawit, jumlah populasi belasan ribu ekor sapi, dan belum ditambah populasi hewan ternak lainnya, Kabupaten Keerom seakan memberi senyum dan harap tersendiri. Harap, untuk mampu membantu merajut terwujudnya doa kita bersama: peternakan yang berdaulat.
---
Untuk itu semua, dan hal-hal yang belum sempat saya tulis. Ada rindu yang saya rasa. Saat ini, dan entah sampai kapan.

Terselip haru dan sesak ketika perpisahan memberi jarak.

Saya menyadari bahwa kita telah berpisah dalam tatap, tapi tidak dalam do'a.


Yogyakarta, 18 Agustus 2016
dalam harap untuk bisa singgah kembali.


Melakukan pendampingan di masyarakat Kampung Arso 2
Bersama Kelompok Ternak



Pelayanan Kesehatan Keliling

Pelayanan Kesehatan Keliling




Rancang Bangun Kandang

Posting Komentar

AddThis Smart Layers

Back to Top