Kembali Kepada Objek dari Cita-Cita Kesejahteraan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

  • 0
         Perekonomian adalah salah satu aspek yang digunakan sebagai tolak ukur penggolongan suatu negara dikatakan maju atau tidak. Perekonomian pula yang bisa dijadikan indikasi terjamin atau tidaknya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Oleh karena itu tidak heran jika perekonomian selalu menjadi salah satu bagian program kebijkan pemerintah yang selalu mendapat perhatian khusus dari tahun ke tahun. Aspek cakupan perekonomian pun sangatlah luas dan se lalu memiliki keterkaitan dengan aspek-aspek lain, seperti sosial, hukum, dan sebagainya. Karena masalah ekonomi menghilangkan nyawa orang dianggap sebuah hal yang wajar. Karena alasan ekonomi pula hubungan ibu dan anak dianggap hanya seperti hubungan penjual dengan barang dagangannya.

          Cakupan perekonomian yang luas ini menimbulkan dilema tersendiri jika kita menilik bagaimana cara penyelesaian masalah-masalah perekonomian yang terjadi pada bangsa ini. Tidak hanya itu jumlah penduduk yang mencapai angka 240 juta jiwa ini seakan menambah deretan panjang permasalahan bangsa ini karena secara tidak langsung bangsa ini bertanggung jawab terhadap kesejahteraan perekonomian ke-240 juta penduduk tersebut. Pertanyaannya disini adalah harus dimulai dari sisi yang manakah aspek perekonomian yang harus disentuh dan mendapat perhatian terlebih dahulu?

          Seperti halnya menyelesaikan soal matematika, semua ada kata kunci dan rumusnya. Mungkin begitu pula dengan permasalahan perekonomian indonesia ini, selalu ada kata kunci yang harus kita perhatikan dan utak atik terlebih dahulu. Selalu ada penyelesaian disetiap masalah, bahkan ibarat sebuah virus flu burung, yang notabene setiap virus itu memiliki sifat parasit obligat (hanya bisa hidup pada inang yang spesifik) dan virus flu burung ini hanya bisa menjadikan unggas sebagai inangnya ternyata
virus flu burung ini dapat pula menjadikan tubuh manusia sebagai inangnya untuk dapat berkembang, semua ada solusinya dan virus ini melakukan mutasi sebagai solusi penyelesaian masalah yang dihadapinya. Semua ada solusinya dan selalu harus dimulai dari penyelesaian kata kunci.

       Bangsa ini tidak lepas dengan kehadiran rakyat, rakyat pulalah yang menjadi objek peningkatan perekonomian bangsa. Sebuah kesimpulan sederhana bahwa penyelesaian perekonomian bangsa ini harus dimulai dari peningkatan kesejahteraan rakyat, bukan kembali memberi perhatian lebih kepada perusahaan atau korporasi dengan modal besar atau istilahnya perekonomian makro. Walaupun sebenarnya tidak dapat dipungkiri juga bahwa daya serap tenaga kerja untuk sektor perusahaan ini juga besar. Akan tetapi bagaimana dampak usaha makro yang secara tidak langsung dapat mematikan sendi-sendi perekonomian rakyat adalah salah satu hal yang patut dicermati. 

          Semua harus kembali kepada peberdayaan masyarakat kecil, menguatkan pondasi untuk berdirinya tiang perekonomian yang kokoh. Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai titik vital perekonomian rakyat harus menjadi program dengan prioritas utama bagi pemerintah. Dimulai dari pemberdayaan UKM, dimulai dari pemberdayaan ekonomi-ekonomi rakyat, untuk membangun perekonomian bangsa. Tidak ada artinya indeks dan surevei perekonomian yang mencapai mengindikasikan peningkatan perekonomian bangsa dari tahun ke tahun jika didasarkan kepada pertumbuhan perekonomian makro. Yang harus disentuh adalah akar rumput, yang harus diberdayakan adalah masyarakat, kita mulai dari mereka, objek dari cita-cita kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

AddThis Smart Layers

Back to Top