Objektif (?)

  • 0
Objektif? Bagi saya tidak ada istilah seperti itu.

Yang ada hanya pemikiran atau gagasan subjektif seseorang yang mencoba bersikap objektif.

Tidak ada istilah Objektif untuk hal-hal yang walaupun itu memang dianggap objektif.

Lha wong dia menggunakan dasar argumen saja berdasarkan otak dia, gitu kok dibilang objektif.

Ketika otak sudah berpendapat yang nantinya dimunculkan menjadi sebuah gagasan, otak seketika itu juga akan dipengaruhi emosi, emosi dari masing-masing pribadi. Segala mekanisme pengambilan keputusan yang terjadi di otak tidak lepas dari emosi masing-masing orang. Emosi tidak lepas dari karakter pribadi seseorang yang mendasari cara pandang dan tingkah laku.

Pernah mendengar kalimat seperti berikut?

"Mari kita berfikir secara objektif"

Siapa yang berfikir? Kita? kata “kita” tersebut sudah jelas-jelas bertindak sebagai pelaku atau yang dikenai objek, bagaimana istilah seperti itu akan membawa sebuah gagasan objektif?


Objektif yang dimaksud disini adalah sebuah gagasan pemikiran yang "dianggap" sebagai jalan tengah tanpa unsur keberpihakan.

Belum lagi ketika “Mari kita berfikir objektif, coba bayangkan...

Bagaimana kita bisa mencerna hal tersebut sebagai sebuah hal yang menuntun kita untuk berfikir objektif? Tidak.

Semua hanya akan berbicara dengan tidak terlepas berdasarkan kepentingannya. Kepentingan yang ingin dia coba Objektifkan di pola pikir orang lain.

Jadi mari kita berkata tidak ada hal yang bersifat objektif. Objektif adalah pemikiran subjektif yang “mencoba” memberikan gagasan tanpa keberpihakan. Cukup.

Nasi yang mengandung karbohidrat sebelum dicerna dilambung dia sudah mengalami pencernaan mekanis dengan bantuan enzim amilase untuk memecah amilum menjadi glukosa. Apalagi anda akan memasukkan informasi dalam otak.

Sah sah saja sebenarnya kalau seandainya kita ingin menghargai hak orang lain, hak dalam hal  menyampaikan pendapat. Hak ingin menyampaikan pendapat lewat gagasannya yang mungkin itu dianggap objektif! ya tapi harus diingat, objektif dari sudut pandangnya.

Kadar objektifitas seseorang bergantung pada tingkat subjektifitasnya.


Posting Komentar

AddThis Smart Layers

Back to Top